Jurusan IPA UNESA Adakan 3 Workshop bagi Praktisi Pendidikan di Bidang IPA

Pada tahun 2021, Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya (FMIPA Unesa) mengadakan 3 kegiatan workshop terkait Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Pengetahuan Manajemen Laboratorium IPA Sekolah, dan Media Teknologi Pembelajaran IPA.  Workshop Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 14 Agustus 2021, workshop Pengetahuan Manajemen Laboratorium IPA Sekolah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 21 Agustus 2021, dan workshop Media Teknologi Pembelajaran IPA dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 28 Agustus 2021. Kegiatan berlangsung dengan menggunakan media online Zoom Meetings, dihadiri oleh seluruh dosen Jurusan IPA FMIPA Unesa, dosen, guru, dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara workshop yang pertama tentang AKM dimoderatori oleh ibu An Nuril Maulida Fauziah, S.Pd., M.Pd. dan sebagai Narasumber adalah Prof. Dr. Wasis, M.Si. (Profesor di bidang Asesmen dalam Pembelajaran IPA). Berikut adalah dokumentasi kegiatan workshop hari pertama:

Sambutan oleh Ketua Panitia Workshop (Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc.)

Sambutan Ketua Jurusan IPA Unesa (Prof. Dr. Erman, M.Pd.)

Foto Kiri MC (An Nuril Maulida Fauziah, S.Pd., M.Pd.) dan Kanan Narasumber (Prof. Dr. Wasis, M.Si.)

Pemaparan Materi oleh Narasumber

Daftar Pertanyaan pada Sesi Tanya Jawab

Acara workshop yang kedua tentang Pengetahuan Manajemen Laboratorium IPA Sekolah dimoderatori oleh ibu Roihana Waliyyul Mursyidah, S.Pd., M.Pd. dan sebagai Narasumber adalah Kiki Septaria, S.Pd., M.Pd. (Alumni S1 Pendidikan Sains Unesa yang saat ini menjadi dosen Pendidikan IPA Universitas Islam Lamongan) dan ibu Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd. (dosen S1 Pendidikan Sains Unesa). Berikut adalah dokumentasi kegiatan workshop hari kedua:

Pemaparan Materi oleh Narasumber 1 (Kiki Septaria, S.Pd., M.Pd.)

Pemaparan Materi oleh Narasumber 2 (Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd.)

Penugasan Workshop ke-2

Acara workshop yang ketiga tentang Media Teknologi Pembelajaran IPA dimoderatori oleh ibu Roihana Waliyyul Mursyidah, S.Pd., M.Pd. dan sebagai Narasumber adalah Mohamad Fauzi N.F., S.Pd., M.Pd. (Alumni S1 Pendidikan Sains Unesa yang saat ini bekerja sebagai Strategic Publication for School Kualita Pendidikan Indonesia) dan Dr. Wahono Widodo, M.Si. (dosen S1 dan S2 Pendidikan Sains Unesa). Berikut adalah dokumentasi kegiatan workshop hari ketiga:

Foto Kiri Narasumber 1 (Mohamad Fauzi N.F., S.Pd., M.Pd.) dan Kanan Narasumber 2 (Dr. Wahono Widodo, M.Si.)

Pemaparan Materi oleh Narasumber 1

Pemaparan Materi oleh Narasumber 2

Tujuan dari diadakannya workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dan mengembangkan keterampilan manajemen laboratorium IPA. Pada kesempatan kali ini dijelaskan pula media pembelajaran interaktif yaitu Nearpod serta cara membuat dan mengakses media tersebut. Praktik cara membuat media pembelajaran Nearpod ditunjukkan melalui latihan langsung diikuti dengan penuh semangat oleh seluruh peserta. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta guna mengonfirmasi pemahaman peserta atas penjelasan dari narasumber.

Tidak hanya membuat media pembelajaran saja, dalam workshop kali ini juga dijelaskan cara memasukkan dokumen bahan ajar yang bisa disertakan dalam media pembelajaran Nearpod. Dokumen bahan ajar yang bisa dimasukkan dalam Nearpod sangat beragam, diantaranya yaitu teks, gambar, file word, pdf, video, audio, powerpoint, konten website, PhET, flipgrid, formative assessment, dll. Selain itu juga diadakan ujicoba pembelajaran menggunakan Nearpod kepada para peserta hingga diperoleh skor akhir dan mengetahui tingkat keaktifan peserta selama mengikuti ujicoba.

Leave a Comment

Translate »