Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan IPA UNESA pada Guru-Guru MGMP IPA Kabupaten Gresik

Tim dosen Program Studi Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali melakukan program pengabdian kepada masyarakat secara virtual atau online. Pada tahun ini, tema kegiatan PKM jurusan IPA Unesa yaitu “Pengembangan Inovasi Pembelajaran melalui Blended Learning dengan Pendekatan Saintifik”. Kegiatan PKM diikuti oleh guru-guru MGMP IPA se-Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kali ini kegiatan pengabdian dilakukan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada hari sabtu tanggal 7 dan 14 Agustus 2021 menggunakan aplikasi zoom meeting.

Pada pertemuan pertama, ada 2 kelompok dari tim dosen jurusan IPA yang memaparkan materi. Kelompok pertama diketuai oleh ibu Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D. dengan anggotanya yaitu Prof. Dr. Erman, M.Pd.; Ahmad Qosyim, S.Si., M.Pd.; Dra. Martini, M.Pd.; dan Dyah Permata Sari, S.Pd., M.Pd. Materi yang disampaikan adalah “Pelatihan Blended Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran IPA”. Sedangkan kelompok kedua diketuai oleh bapak Muhamad Arif Mahdiannur, S.Pd., M.Pd. dengan anggotanya yaitu Dr. Wahono Widodo, M.Si.; Dr. Hasan Subekti, S.Pd., M.Pd.; Ernita Vika Aulia, S.Pd., M.Pd.; dan Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd. Materi yang disampaikan adalah “Pelatihan Pembuatan Media Blended Learning dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Wakelet bagi Guru IPA”. Berikut adalah dokumentasi kegiatan PKM pertemuan pertama:

Pembukaan

Sambutan Ketua MKKS SMP Kabupaten Gresik

Sambutan Ketua Jurusan IPA Unesa

Pemaparan Materi ke-1 oleh ibu Enny Susiyawati, S.Si., M.Sc., M.Pd., Ph.D.

Penugasan ke-1

Narasumber ke-2 bapak Muhamad Arif Mahdiannur, S.Pd., M.Pd.

Pemaparan Materi ke-2

Penugasan ke-2

Pada pertemuan kedua, juga ada 2 kelompok yang memaparkan materi. Kelompok pertama diketuai oleh ibu Dyah Astriani, S.Pd., M.Pd. dengan anggotanya yaitu Tutut Nurita, S.Pd., M.Pd.; Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd.; An Nuril Maulida Fauziah, S.Pd., M.Pd.; Laily Rosdiana, S.Pd., M.Pd.; dan Roihana Waliyyul Mursyidah, S.Pd., M.Pd. Materi yang disampaikan adalah “Pemanfaatan LKS Berbasis Virtual Lab untuk Optimalisasi Pembelajaran Blended Learning”. Sedangkan kelompok kedua diketuai oleh bapak Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc. dengan anggotanya yaitu Beni Setiawan, Ph.D.; Dhita Ayu Permata Sari, S.Pd., M.Pd.; Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.; Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd.; dan Dr. Elok Sudibyo, M.Pd. Materi yang disampaikan adalah “Pelatihan Pembuatan Instrumen Penilaian Blended Learning dengan Aplikasi Wakelet”. Berikut adalah dokumentasi kegiatan PKM pertemuan kedua:

Pembukaan dan Sambutan Sekretaris Jurusan IPA Unesa

Pemaparan Materi ke-1 oleh ibu Dyah Astriani, S.Pd., M.Pd.

Penugasan ke-1

Pemaparan Materi ke-2 oleh bapak Aris Rudi Purnomo, S.Si., M.Pd., M.Sc.

Penugasan ke-2

Leave a Comment

Translate »