Yudisium Mahasiswa Jurusan IPA Periode I Tahun 2020

FMIPA Unesa menggelar Yudisium ke-97 di paruh pertama tahun 2020 pada tanggal 27 Februari 2020 di Auditorium Prof. Slamet Dajono. Tema yang diangkat kali ini adalah, “Dengan Semangat Yudisium ke-97, Alumni FIPA Siap Wujudkan Merdeka Belajar”. Yudisium kali ini diikuti oleh 139 orang lulusan dari lima Jurusan yang ada di FMIPA Unesa. Sebanyak 20 orang lulusan berasal dari Program Studi S1 Pendidikan Sains.

Turut hadir dalam acara yudisium tersebut Ketua, Sekretaris, dan Kepala Lab. Jurusan IPA, yaitu Prof. Dr. Erman, M.Pd., Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd., dan Laily Rosdiana, S.Pd., M.Pd. serta perwakilan dosen Jurusan IPA. Nampak raut bahagia di muka para yudisiawan/yudisiawati dalam acara tersebut. Pada kesempatan tersebut Sekretaris Jurusan IPA membacakan daftar nama yudisiawan/yudisiawati Program Studi S1 Pendidikan Sains. Ketua Jurusan dibantu Kepala Lab. IPA membagikan Surat Penetapan Kelulusan (SPK) kepada para yudisiawan/yudisiawati, yang dilanjutkan dengan bersalaman dengan Dekan FMIPA, Prof. Dr. Madlazim, M.Si.

Dalam kesempatan itu juga, Dekan FMIPA Unesa menyampaikan pesan kepada para yudisiawan/yudisiawati.

“… jangan berhenti belajar, harus adaptif dengan perkembangan teknologi dan fokus pada pengembangan karakter,” kata beliau yang juga hobi berpantun ini.

Beliau berharap agar lulusan FMIPA selalu menyesuaikan diri, karena hanya sedikit lulusan yang bekerja sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajarinya selama kuliah. “Selalu nomorsatukan sikap jujur dan disiplin,” ungkap beliau saat menutup pidato sambutannya. Seluruh rangkaian acara Yudisium ke-97 berjalan dengan baik dan dilaksanakan oleh Jurusan IPA selaku panitia dengan sukses.

Yudisium & Syukuran Jurusan IPA

Di hari yang sama pukul 13:00 WIB, Jurusan IPA FMIPA Unesa menggelar acara Yudisium Jurusan IPA. Acara ini merupakan syukuran dan pemberian penghargaan kepada para lulusan Jurusan IPA yang meraih predikat pamuncak (terbaik) I, II, dan III.

Acara ini dibuka oleh Ketua Jurusan FMIPA Unesa dan dihadiri oleh seluruh dosen, perwakilan HMJ IPA, dan para mahasiswa.  Dalam sambutannya Ketua Jurusan IPA mengingatkan agar para lulusan Jurusan IPA selalu meningkatkan kemampuan softskills.

“…perjuangan itu bukan menghadapi dosen di kelas-kelas perkuliahan, tetapi di dunia nyata. di sini kami hanya berusaha menyiapkan Anda untuk siap berjuang…,” kata beliau.

Senada dengan Ketua Jurusan IPA, perwakilan lulusan mahasiswa, Ahmad Singgih Sugiarto, S.Pd. menyampaikan pesan dan kesannya.

“Kami minta doa restu agar dimudahkan untuk meraih cita-cita. Yudisium adalah tanda kita masuk kembali ke masyarakat. Kami menitipkan pesan kepada para adik-adik kami agar prestasi Jurusan IPA lebih meningkat dan lebih baik,” kata lulusan yang hobi berpantun ini.

Penghargaan Pamuncak Jurusan IPA

Dea Damar Wahyu Pradana, S.Pd. merupakan lulusan terbaik I Jurusan IPA, sedangkan terbaik II dan III diraih oleh Lafilatul Anisa, S.Pd. dan Lathifatuz Zuhriyah, S.Pd. Ketiganya mendapat hadiah dari Jurusan IPA.

Acara Yudisium Jurusan IPA juga dimeriahkan oleh musik akustik yang ditampilkan oleh mahasiswa-mahasiswa Jurusan IPA.

Menutup acara, Ketua Jurusan IPA berpesan kepada seluruh lulusan Jurusan IPA untuk selalu menjaga nama baik Jurusan IPA di masyarakat.

“…Anda adalah gambaran Jurusan ini…,” ucap Prof. Dr. Erman, M.Pd. dalam menutup acara ini. Sukses selalu lulusan dan alumni Jurusan IPA FMIPA Unesa.

#IndonesiaMaju #UnesaJaya #FMIPAJoss

Leave a Comment